suara sahabat

suara sahabat
persahabatan

Minggu, 04 Agustus 2013

HAL UNIK SEDAYULAWAS YANG HILANG

Hai sahabat muslim muda padat karya semua... DeArsa kembali lagi nih...
setelah lumayan lama absen dari dunia blogger sekarang kami datang lagi. yah.. itung itung dakwah sembari ngasih motivasi dan curhat aja sich. hehehe...:) :)

buat saahabat muda, tahukah kalian semua tentang DESA SEDAYULAWAS..????
Nah lho... pada nggak tau... coba dech. kalian semua cari lewat om GOOGLE.. cari tau tuh gimana sih SEDAYULAWAS itu..???
sahabat muslim muda padat karya....



SEDAYULAWAS, adalah sebuah desa dengan perpaduan tiga kata yang digabungkan menjadi satu, hingga membentuk sebuah nama yang indah. SEDA berartikan “MATI”, sedangkan  AYU berartikan “CANTIK”, dan LAWAS berarti “LAMA”. Dan ketika ketiga kata ini digabungkan maka kita akan teringat sebuah kisah dari asal usul DESA yang indah ini. Kisah seorang putri cantik yang harus rela mengakhiri hidupnya demi sebuah cinta yang tak direstui oleh sang kedua orang tuanya. Sungguh amat mengharukan kisah hidup dari sang putri jelita ini. Dan akhirnya nama desa ini pun terbentuk dari kisah sang putri ayu tersebut.

SEDAYULAWAS, desa impian yang terkenal dengan kisah cinta yang terhalang restu orang tua..
Membahas masalah sedayu, kali ini kami nggak pengen jabarin  tentang asal usul atau hal hal tentang kabar desa ini kawan. Kali ini kami ingin msedikit mengulas tentang beberapa hal yang membuat diri ini rindu dan kangen dengan desa indah ini.. hehehehe kayaknya juga ada some yang di kangenin sich.. tapi,, sipa yah… RHS… pokoke:) :) :) 

Sobat muslim muda semua, sesunggguhnya setiap daerah tentunya memiliki sebuah hal hal yang memang hanya ada di daerah tersebut. Yah.. kalo kita bilang sih itu budaya or tradisi bin adat istiadat daerah tersebut. Nah… begitupula dengan sedayulawas.. banyak hal unik yang ia milii dalam tradisinya. salah satunya, tradisi kupatan ke tempat wisata GUNUNG MENJULUK or KENDIL. yah terserah mau pilih yang mana.
sobat.. ternyata seiring dengan majunya zaman.. ternyata banyak juga menggerus hal hal unik yang sedayulawas punyai. hal hal unik ini menghilang bak ditelan zaman. kebiasaan masyarakat mulai pudar karena zaman technology canggih. salah satu hal unik yang hilang dari sedayulawas, diantaranya:


  • TRADISI "TANJAK'AN"

 tanjak'an bukan berarti jalan yang naik lho yah.. tanjak'an adalah sebuah tradisi makan bareng dengan sekerumunan orang dari tetangga rumah dari salah seorang warga yang syukuran atas nikmat Allah kepafdanya. kegiatan ini seru benget nih... kita bisaa rebut rebutan ambil lauk pauk yang kita suka.. makannya balapan. pokoke seru...!!!
akan tetapi, sekarang ini tradisi tanjak'an udah mulai punah,.. entah mengapa?? padahal keseruannya itu lho.. bikin orang orang ngerasa hepi dengan hal tersebut. tapi sekarang malah pakek sistem sebar per rumah. jadi jjiwa bertetangganya jurang tersa nih.... guyonan pas makan juga nggak kerasa saat makan bareng.. 
semoga dengan artikel ini bakal ada tradisi tanjak'an lagy disedayu.. Amieenn..
jadi kangen sedayu nih.... nah tradisi atau hal yang unik dari sedayulawas tercinta yaitu....

  • UDEK UDEK (Sebar dan Lempar) DUWEK
tradisi unik yang hilang selanjutnya adalah udek udek duwek alias melempar dan membuang uang receh untuk nantinya diperebutkan oleh orang orang banyak. banyak anak kecil yang begitu senang dengan tradisi ini, soalnya mereka bisa dapat uang jajan dengan saling adu rebut uang yang telah dilempar, meski terkadang juga nggak begitu banyak yang bisa mereka dapatkan, yah...setidaknya mereka senang dengan bisds aikut rame ramean dengan orang banyak.
kenyataan hari ini, BLASS bin nihil Abang DeArsa dapetin hal yang seru kayak gini di Desa Tercinta. orang orang udah pada lupa dengan keseruan saling berebut uang receh. mungkin udah ngerasa gengsi kali yah..
semoga dan semoga tradisi unik ini bisa teadakan kembali\

okey sahabat muslim muda semua.. banyak hal yang biki DeArsa kangen dengan desa tercinta, apalagi kalo kita putar memory indah tentang masa lalu dan masa kecil kita yang bikin happy selalu.
semoga sedayulaws tetep pegang prinsip dieniyahnya. jagga keutuhan antar warga dan semoga tambah kuat persaudaraannya.
okey kawan semua mugkin hanya ini dari DeArsa... kapan kapan kita lanjut lagi..
dengan artikel artikel yang beragam pastinya.
Terima kasih atas waktunya buat baca artikel nggak jelas ini.. moga wawasan dan stress kalian bis ailang dengan ini semua..

Maksih semua..:) :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar